Kamis, 14 Desember 2023

Filosofi Pendidikan Indonesia

                                                            Topik 3 Tugas 3.8 Aksi Nyata


Manusia Indonesia bagi Saya

 

1.     Mahasiswa mengobservasi secara kritis tanda dan simbol yang ada di ekosistem sekolah dan proses pembelajaran tentang penghargaan dan penghayatan terhadap kebhinekatunggalikaan

Hasil observasi saya di SMA Negeri 9 Pekanbaru terkait tanda dan simbol yang ada di ekosistem sekolah dan proses pembelajaran tentang penghargaan dan penghayatan terhadap kebhinekatunggalikaan yaitu sebagaiberikut :

1)     Adanya lambang Pancasila di beberapa ruang, serta dipajang didepan kelas foto presiden dan wakil presiden yang dimana sebelah kiri foto presiden bapak Ir. H. Joko Widodo dan kanan wakil presiden bapak Prof. Dr. K. H. Ma'ruf Amin. Hal ini merupakan salah satu bentuk sekolah menjunjung tinggi lambang negara yang sekaligus identitas kita sebagai warga negara Indonesia dengan semboyan bhine katunggal ika yang memiliki arti meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Lambang Pancasila serta Foto Presiden dan Wakil Presiden

 

2)     Dilaksanakannya upacara bendera setiap senin pagi, dimana kegiatan tersebut merupakan salah satu identitas sebagai warga negara Indonesia, yang memiliki semboyan bhineka tunggal ika, yang dimana walaupun Indonesia memiliki banyak perbedaan tetapi tetap bisa bersatu, menumbuhkan jiwa patriotism, dan dengan dilakukannya kegiatan upacara setiap pagi senin sebgai bentuk memperingati dan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang.

Pelaksanaan Upacara Bendera

3)     Bebasnya menjalankan ibadah keagamaan seperti sholat di SMAN 9 Pekanbaru, walaupun di SMAN 9 Pekanbaru memiliki keberagaman dalam beragama tapi tidak menghambat warga sekolah untuk melakukan ibadah salat. Sekolah menyediakan tempat untuk ibadah bersama atau berjamaah di mushala, yang juga dilengkapi dengan mukenah dan sajadah. Guru memberikan kelonggaran kepada peserta didik untuk melaksanakan ibadah sholat. Selain itu, terdapat kegiatan Imtaq yang dilaksanakan setiap hari jum’at bagi seluruh peserta didik yang muslim serta kegiatan keagamaan lainnya bagi peserta didik nonmslim.

Pelaksanaan Imtaq

 

4)     Budaya saling menghormati dan menghargai satu sama lain, terlihat di SMAN 9 Pekanbaru dengan adanya kegiatan salam sapa yang dilakukan oleh peserta didik kepada guru ketika akan memasuki sekolah yang berada di depan pagar dan hadir tepat waktu. Kemudian peserta didik juga turut andil merayakan hari guru nasional sebagai bentuk apresiasi kepada para guru dengan mengadakan berbagai kegiatan. Hal ini bukti bahwa peserta didik mengetahui tugas dan kewajibannya sebagai peserta didik untuk disiplin, saling menghormati dan menghargai. Hal ini sesuai indentitas indonesia berbhineka tunggal ika yaitu melakukan hal- hal terpuji sesuai dengan kodrat manusia yang utuh.

Kegiatan Memperingati Hari Guru

 


2.     Mahasiswa menuliskan secara kritis bagaimana penghayatan nilai-nilai Pancasila yang ada disekolah menguatkan identitas manusia Indonesia.

Penghayatan nilai-nilai Pancasila yang ada di sekolah menguatkan identitas manusia Indonesia bisa dilakukan dengan berbagai cara:

1)     Sila Pertama : Ketuhanan Yang Maha Esa dengan bentuk pengamalan dari sila pertama Pancasila yaitu toleransi beragama antar warga sekolah SMAN 9 Pekanbaru, yang dimana untuk muslim melaksanakan sholat berjamaah setiap dzuhur dan juga setiap jumat pagi diadakan imtaq, yang diisi dengan membaca alquran, ceramah dan nasyid yang dilakukan secara bergilir oleh setiap kelas, kemudian peserta didik juga berdoa sebelum dan sesudah belajar di kelas. Menjalankan kewajiban agama masing masing disekolah serta menghormati dan menghargai hari – hari besar keagamaan lainnya.

Pelaksanaan Imtaq dan hari keagamaan

 

2)     Sila kedua : Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dengan bentuk pengamalan dari sila kedua Pancasila yaitu tidak membeda-bedakan teman yang lain baik itu suku, ras dan agama. Semua warga SMAN 9 tampak kompak dan saling menghargai. Mengetahui dan menerima hak sebagai Pendidik akan tugas dan kewajibannya dalam sekolah yaitu masuk ngajar dikelas dengan tepat waktu, dan juga mengikuti kegiatan pembelajaran sesuai dengan jadwal. Dilakukannya kegiatan salam sapa setiap pagi oleh Peserta didik kepada bapak/ibu guru dengan memberi senyuman , menyalaminya dan mengucapkan salam, ketika bertemu dan berpapasasan. Hal lain yang juga dilakukan dengan saling menghargai ketika di dalam kelas.

Pembelajaran di Kelas

3)     Sila ketiga : Persatuan Indonesia dengan bentuk pengamalan sila ketiga pancasila yaitu mengikuti upacara bendera merah putih yang dimana memiliki makna cinta tanah air, dan sebagai masyarakat Indonesia harus selalu mengedepankan tujuan kesatuan, persatuan, serta kepentingan bagi negara dibandingkan kepentingan individu.

Pelaksanaan Upacara Bendera

4)     Sila ke empat : Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawarahan dan Perwakilan dengan bentuk pengamalan sila keempat Pancasila yaitu mengutamakan dan menghargai musyawarah atau berdiskusi kelompok untuk mencapai mufakat, dalam menyelesaikan masalah dan menghormati dan menghargai pendapat orang lain. Pada sila ini manusia Indonesia berprilaku untuk selalu bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah. Contoh penerapannya disekolah yaitu dengan mengadakan pemilihan OSIS dan diskusi kelompok dalam pembelajaran.

Pembelajaran Berkelompok

 

5)     Sila ke lima : Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia dengan bentuk pengamalan sila kelima Pancasila yaitu seluruh warga sekolah bergotong royong, bekerja sama dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, berteman dengan siapa saja karena setiap orang berkedudukan yang sama selaku menusia Indonesia dan menghormati hak–hak orang lain. Menghargai karya peserta didik dengan menampilkan karya tersebut disetiap sudut ruangan sekolah dan kelas.

Hasil Karya Peserta Didik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perspektif Sosiokultural dan Pendidikan Indonesia

                                                                             Topik 6 tugas 6.8 Aksi Nyata                                   ...