Minggu, 07 Januari 2024

Perspektif Sosiokultural dan Pendidikan Indonesia

                                                             Topik 6 tugas 6.8 Aksi Nyata

                                    Refleksi Pembelajaran Topik 6 dengan alur MERDEKA


1.     Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Jawab:

Dunia pendidikan terdiri dari berbagai macam elemen yang saling terkait dengan padu sehingga menciptakan pendidikan yang maju. Namun, elemen yang terkait tak selalu berjalan dengan semestinya dan kerap kali memiliki rintangan dan hambatan. Salah satu hambatan dalam dunia pendidikan terjadi karena isu-isu yang muncul baik internal maupun eksternal. Maka dari itu perlu memperhatikan isu-isu dari beragam perspektif, isu-isu yang ada mulai dari yang kecil hingga besar pengaruhnya bagi peserta didik. Misalnya dari perspektif sosial yang berhubungan dengan sosialisasi peserta didik dan lingkungannya, bagaimana peserta didik seperti menghapuskan bullying dan menghargai perbedaan. Perspektif budaya, yaitu membuat peserta didik menghargai budayanya masing-masing. Selain isu terkait perbedaan budaya daerah, isu budaya lainnya juga dilihat dari meminimalisir kebiasaan negatif seperti datang terlambat dan membiarkan lingkungan kotor. Perspektif ekonomi, yaitu isu-isu kesenjangan  tingkatan ekonomi yang tidak membedakan teman berdasarkan ekonomi orang tuanya. Perspektif politik, yaitu menghilangkan pungli disekolah baik dalam bentuk sekecil apapun.


2.     Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Jawab:

Pemahaman isu-isu pendidikan dapat diatasi dengan penerapan teori Vygotsky. Solusi berdasarkan teori Vygotsky tersebut yaitu peningkatan peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran, pengembangan kurikulum yang memperhatikan zona proksimal peserta didik, pembelajaran berbasis budaya, serta dengan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung interaksi sosial. Pendidikan dengan berbasis kepada teori Vygotsky berupaya menciptakan konteks Dimana peserta didik berkembang melalui interaksi sosial. Perkembangan yang didapatkan peserta didik mencakup banyak sisi baik secara kognitif, afektif maupun psikomotorik.


3.     Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Jawab:

Dari hasil diskusi bersama rekan kelompok diperoleh bahwa isu-isu dalam penyelenggara pendidikan dalam berbagai perspektif cukup sering dijumpai dilingkungan sekolah. Untuk itu sebagai guru harus memprsiapkan secara matang hal-hal dalam mengatasi isu-isu tersebut. Isu-isu yang ditemui masing-masing rekan kelompok cukup bervariasi seperti ada yang menemukan isu dari segi budaya disiplin yang kurang dan politik seperti perlakuan yang tidak adil. Pada segi persiapan mengajar, masing-masing anggota kelompok juga memiliki beberapa persamaan seperti memahami karakter peserta didik lebih mendalam agar mengerti kebutuhan peserta didik.

 

4.     Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Jawab:

Dari hasil diskusi bersama rekan kelompok serta kelompok lain, diperoleh berbagai isu-isu pendidikan dari perspektif sosiokulural di beberapa sekolah. Setiap rekan kelompok juga mampu memberikan komentar, pertanyaan, dan penilaian terhadap isu-isu yang berbeda serta saling belajar. Kemudian juga dapat saling menghargai dan menghormati pendapat rekan kelompok lainnya serta melakukan evaluasi.


5.     Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Jawab:

Isu-isu sosial, budaya, politik dan ekonomi memiliki kaitan langsung dengan masalah pendidikan, kebijakan dan penyelenggaraan pendidikan. Pemahaman yang mendalam tentang isu-isu sosial, budaya, politik dan ekonomi bagi guru sangat diperlukan untuk memahami karakter peserta didik sebagai bagian dari masyarakat.

 

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?

Jawab:

Mengetahui isu-isu penyelenggaran pendidikan dari perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik menurut Vygotsky. Mengetahui berbagai cara yang bisa menjadi refensi dalam mengatasi dengan isu-isu tersebut jika di kemudian hari ditemukan di lapangan atau sekolah.


Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Jawab:

Bagaimana menghadapi isu-isu dalam penyelenggaraan pendidikan untuk kedepanya sebagai seorang guru?


6.     Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik didalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Jawab:

Teori yang ada pada topik 6 ini berkaitan dengan topik–topik sebelumnya seperti topik 4 dan 5 yaitu Solusi terhadap isu-isu pendidikan yang dikembangkan berdasarkan teori Vygotsky. Kemudian terdapat pula keterkaitan dengan mata kuliah lain yaitu dengan filososofi pendidikan yang mengaitkan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan, hal ini agar pembelajaran dapat berpihak kepada peserta didik. Koneksi dengan asesmen dengan merancang asesmen yang dapaat mengatasi isu-isu pendidikan. Koneksi dengan pembelajaran berdiferensiasi yaitu menciptakan pembelajaran berbasis budaya. Koneksi dengan pemahaman peserta didik yaitu lingkungan yang aman dan nyaman bagi peserta didik yang memperhatikan isu-isu dalam pendidikan. Terakhir, koneksi dengan praktik lapangan yaitu ditemukan beberapa isu pendidikan yang dapat diatasi dengan pemahamn terhadap karakteristik peserta didik.


7.     Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Jawab:

Mempersiapkan diri dalam dengan berbagai Solusi jika menemukan isu-isu dalam penyelengggaraan pendidikan.

 

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10. Apa alasannya?

Jawab:

Menurut saya kesiapan saya saat ini sudah dalam skala 8 dan sudah mulai diterapkan dalam pembelajaran siklus pertama, namun masih diperlukan evaluasi untuk perbaikan kedepan.

 

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Jawab:

Pemahaman yang baik, strategi yang tepat, lingkungan yang mendukung, dan kemungkinan yang akan terjadi lalu solusi untuk hal tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perspektif Sosiokultural dan Pendidikan Indonesia

                                                                             Topik 6 tugas 6.8 Aksi Nyata                                   ...