Topik 4 Tugas 4.9 Aksi Nyata
Pembelajaran pada Zone of Proximal Development (ZPD)
1. Mulai Dari Diri
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Jawab:
Pendidikan di Indonesia terus berkembang
dari waktu ke waktu. Semakin berkembangnya pendidikan juga menentukan kualitas
pendidikan. Salah satu elemen pendidikan yang membuat pendidikan semakin
berkembang adalah guru. Dalam melaksanakan pembelajaran dikelas guru perlu
menggunakan strategi yang tepat agar tujuan pembelajaran tercapai dengan baik.
Melalui ZPD akan muncul kemampuan pada individu yang semulanya tidak disadari
melalui interaksi dengan individu lain. Hal ini perlu dipelajari lebih dalam
lagi sebagai pedoman menjadi seorang pendidik.
2. Eksplorasi Konsep
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Jawab:
Zona perkembangan proksimal merupakan teori yang dikembangkan Vygotsky terkait jarak tingkat perkembangan actual anak dan tingkat perkembangan potensial anak dalam memecahkan masalah baik secara individu maupun kelompok. ZPD berhungan dengan interaksi anak yang diberikan bantuan dalam pembelajaran baik bantuan dari diri sendiri, teman sebaya maupun guru. Sebagai guru saya harus siap untuk dapat ditugaskan mengajar dengan memahami pembelajaran ZPD pada peserta didik dalam mengembangkan pengatahuannya dan minatnya dalam pembelajaran. ZPD menjadi proses pendewasaan pada anak, membantu anak dalam mengembangkan potensinya, dan saling berikteraksi. Pembelajaran ZPD mampu membuat peserta didik percaya diri, tidak malu bertanya, mau belajar, dan mau menerima masukan dari pihak lain.
3. Ruang
Kolaborasi
Apa yang Anda
pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Jawab:
Dari hasil diskusi diperoleh pandangan masing-masing kelompok terkait Zone of Proximal Development (ZPD). Kemudian setelah memahami tentang ZPD, masing-masing anggota kelompok menilai kesiapan dalam mengimplimentasikan ZPD dalam pembelajaran. Dari berbagai pandangan awal dan penerapan pembelajaran ZPD, masing-masing anggota kelompok memiliki persaman dalam memperhatikan ZPD maka akan lebih mudah untuk memetakan kebutuhan belajar peserta didik. Persamaan pandangan tentang pembelajaran pada Zone of Proximal Development (ZPD) yang mempengaruhi proses pendidikan yang dimiliki adalah tingkat kemampuan peserta didik dibedakan ke dalam dua tingkatan yaitu tingkat perkembangan aktual dan potensial. Memperhatikan ZPD membuat guru lebih mudah mengembangkan proses belajar mengajar, karna kita tau peserta didik mana yang membutuhkan bantuan pendidik dan mana yang membutuhkan bantuan tutor sebaya. Kemudian terdapat juga perbedaan yang dikemukakan yaitu penggunaan Scaffolding dalam pelaksanaan pembelajaran untuk membantu penerapan ZPD di sekolah diterapkan pada materi yang berbeda antar anggota kelompok. Guru perlu melakukan perencanaan pembelajaran dengan membuat modul ajar, soal diagnostik, dan pertanyaan pemantik yang nantinya akan dilaksanakan pada proses pembelajaran. Selain itu guru perlu mengetahui gaya belajar peserta didik sehingga dapat memberikan pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar. Perbedaan pandangan selanjutnya adalah bagi peserta didik kelompok atas perlu dipersiapkan soal pengayaan dan kelompok rendah perlu dipersiapkan soal remedial.
4. Demonstrasi
Kontekstual
Apa hal penting
yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama
kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Jawab:
Bahwa ZPD yang telah didikusikan membuat setiap anggota kelompok memiliki gambaran dalam menemukan dan menyelesaikan permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran disekolah. Dari pesamaan dan perbedaan pandangan, masing-masing anggota dapat menemukan hal baru yang mungkin terjadi dan memperkirakan solisi dari hal tersebut.
5. Elaborasi
Pemahaman
Sejauh ini, apa
yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Jawab:
Topik ini memberikan penjelasan terkait penerapan konsep pembelajaran yang melibatkan perspektif sosiokulturan dengan penerapan Zone of Proximal Development (ZPD), dengan mempelajari topik ini saya menjadi lebih paham tentang bagaimana mempersiapkan pembelajaran dengan memperhatikan perspektif sosiokultural peserta didik. Solusi pembelajaran yang membuat peserta didik nyaman akan belajar dan berkembang dalam proses pembelajarannya. Sebagai seorang guru, penting untuk melakukan ZPD atau analisis awal yang dilakukan sebelum menentukan strategi pembelajaran yang akan diterapkan kepada peserta didik nantinya.
Apa hal baru yang
Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran
dimulai?
Jawab:
Pengetahuan baru yang diperoleh terkait penerapan ZPD, dimana penerapan
pembelajaran bersosiokultural dengan penerapan stratei ZPD meliputi bagaimana
guru dapat melakukan analisis awal yang berkaitan dengan latar belakang sosial
dan budaya peserta didik, sehingga nantinya mampu melakukan strategi
pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik/ latar belakang peserta didik,
sehingga kebutuhan belajarnya akan terpenuhi. Sebagai calon guru, ilmu ini
sangat penting bagi saya sebagai bekal nantinya saat menjalan profesi saya
sebagai seorang guru. Dimana nantinya saya akan dapat menentukan strategi
pembelajaran yang sesuai dengan latar belakang maupun karakteristik peserta
didik saya, karena telah melakukan analisis awal terlebih dahulu terkait sosial
dan budayanya. Pada pembelajaran abad 21 dan kurikulum merdeka, seorang guru
tidak hanya dituntut untuk menyampaikan materi pembelajaran saja, akan tetapi
seorang guru harus mampu mengamati seluruh kondisi yang ada pada peserta
didiknya, utamanya latar belakang sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang
terhimpun dalam penerapan perspektif sosiokultural.
Apa yang ingin Anda
pelajari lebih lanjut?
Jawab:
Bagaimana cara menerapkan perspektif sosiokulturan melalui Zone of Proximal Development (ZPD) yang benar agar pembelajaran efektif?
6. Koneksi
Antar Materi
Apa
yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik didalam mata kuliah yang sama
maupun dengan mata kuliah lain?
Jawab:
Teori dalam menemukan zona perkembangan proksimal (ZPD) dan menurut pandangan Vygotsky memiliki kaitan denga praktik pendidikan yang mengkonseptualisasi hubungan pembelaajran dan perkembangan manusia. Keterkaitan topik 4 ini dengan mata kuliah lain yaitu dalam filosofi bahwa penting untuk mendukung lingkungan peserta didik. Melalui profiling dan melihat kesiapan belajar peserta didik serta kemampuan awalnya akan menjadikan ZPD solusi yang baik agar anak dapat berkembang dalam pembelaajrannya, hal ini terkait dengan mata kuliah pemahaman peserta didik dan pembelajaran berdiferensiasi. Keterkaitan dengan asesmen dalam melakukan perencanaan yang tepat agar ZPD dapat diterapkan dengan baik. Kemudian dalam praktik lapangan akan bisa terlihat bagaimana cara menerapkan ZPD dan apa efeknya bagi peserta didik.
7. Aksi
Nyata
Apa manfaat pembelajaran
ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Jawab:
Mempersiapkan diri dalam mengajar dengan memperhatikan Pembelajaran pada Zone of Proximal Development (ZPD) pada peserta didik.
Bagaimana Anda
menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10. Apa alasannya?
Jawab:
Menurut saya kesiapan saya saat ini sudah dalam skala 8 dan sudah mulai diterapkan dalam pembelajaran siklus pertama, namun masih diperlukan evaluasi untuk perbaikan kedepan.
Apa yang perlu
Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Jawab:
Pemahaman yang baik, strategi yang tepat, instrument yang mendukung, dan kemungkinan yang akan terjadi lalu solusi untuk hal tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar